Kamis, 25 April 2013

Biografi Franz Liszt

Franz Liszt
   Franz Liszt adalah putra seorang pramugara dalam pelayanan keluarga Esterhazy, patron Haydn. Ia lahir pada tahun 1811 di Merampok di Hungaria dan pindah sebagai anak ke Wina, di mana dia mengambil pelajaran piano dari Czerny dan pelajaran komposisi dari Salieri. Dua tahun kemudian, pada tahun 1823, ia pindah bersama keluarganya ke Paris, dari mana ia melakukan tur sebagai pianis. Dipengaruhi oleh pemain biola Paganini fenomenal, ia mengalihkan perhatiannya pada pengembangan teknik yang sama sebagai pianis dan pada tahun 1835 meninggalkan Paris dengan gundiknya, yang Comtesse d'Agoult, dengan siapa ia melakukan perjalanan secara luas selama tahun-tahun berikut, reputasinya sebagai seorang pianis kekuatan menakjubkan tumbuh. Pada 1844 ia terpisah dari gundiknya, ibu dari tiga anak, dan pada 1848 menetap di Weimar sebagai Direktur Musik Luar Biasa, disertai oleh Putri Sayn-Wittgenstein. Dia sekarang mengalihkan perhatian pada komposisi dan khususnya penciptaan bentuk baru: puisi simfoni. Pada 1861 Liszt pindah ke Roma, di mana ia menemukan ekspresi untuk lama dipegang nya kecenderungan religius. Dari 1869 ia kembali teratur ke Weimar, di mana ia banyak murid, dan kemudian ia menerima kewajiban yang serupa di Budapest, di mana ia dianggap sebagai pahlawan nasional. Dia meninggal di Bayreuth pada tahun 1886, empat tahun setelah kematian anak-mertuanya Wagner. Sebagai pianis ia tidak sama, dan sebagai komposer ia menyarankan untuk generasi muda musisi program baru bahwa musik adalah untuk mengambil. 
Musik orkestra
Puisi simfoni Liszt bertemu kritik keras dari juara musik murni, yang mengambil pengecualian terhadap usahanya untuk menerjemahkan ke dalam istilah musik karya terbesar sastra. Yang paling terkenal dari puisi simfoni yang Ce qu'on entend sur la Montagne, berdasarkan Victor Hugo, Les Préludes, berdasarkan Lamartine, bekerja berdasarkan Byron Tasso dan Mazeppa, dan Prometheus, dengan apa yang disebut Faust Symphony Tiga Karakter-Sketsa setelah Goethe dan Symphony pada Divina Commedia Dante. Karya orkestra lainnya termasuk dua episode dari Faust Lenau, para Mephisto Waltz kedua Pertama (yang kedua ditambahkan 20 tahun kemudian, pada 1881). Liszt menulis dua konserto piano, dan, di antara karya-karya lain untuk piano dan orkestra, sebuah Totentanz ('Dance of Death') dan Fantasy di Melodi Folk-Hungaria. Enam dari Rhapsodies Hungaria Liszt, ditulis untuk piano, secara efektif diatur untuk orkestra oleh Franz Doppler, direvisi oleh Liszt.
Musik Piano
Liszt menulis banyak musik untuk piano, beberapa yang kemudian direvisi dan akibatnya ada dalam sejumlah versi. Selain musik piano asli dia juga membuat transkripsi banyak karya komposer lain dan menulis karya berdasarkan tema nasional. Para pemain biola Paganini adalah inspirasi langsung untuk Études d'eksekusi transcendante d'Après Paganini, didedikasikan untuk Clara Schumann, istri dari komposer Robert Schumann, dan didasarkan pada lima dari 24 Paganini untuk biola Caprices solo dan gerakan terakhir dari nya Violin Concerto No 2 ('La Campanella'). Studi Transendental, direvisi pada 1851 sebagai d'Études eksekusi transcendante, membentuk satu set 12 buah, termasuk 'Wilde Jagd' ('Wild Hunt),' du soir Harmonis '(' Evening Harmony '), dan' Chasse-Neige '(' Salju-bajak '). Tiga koleksi kemudian diberi judul Années de pèlerinage ('Tahun Ziarah') mengembara dari Swiss pada buku pertama ke Italia dalam dua detik, mereka membentuk serangkaian gambar puitis menggugah, terinspirasi oleh lanskap, puisi dan karya seni. Volume sebelumnya berasal dari tahun-tahun mengembara dengan Marie d'Agoult, dan terakhir dari periode akhir dari kehidupan Liszt, yang berbasis di Roma. Para poétiques Harmonies et religieuses, yang ditulis antara 1845 dan 1852, mewakili, dalam 10 buah termasuk, sesuatu perasaan yang abadi sang komposer agama. Perasaan ini juga terlihat dalam Légendes dari 1863, pertama dari dua yang mewakili Fransiskus dari Assisi berkhotbah kepada burung-burung dan St Fransiskus de Paulus kedua berjalan di atas air. Para Weinen yang luar biasa, Klagen, Sorgen, Zagen, berdasarkan tema dari kantata Bach, berduka atas kematian putrinya Blandine tua. Nya Fantasia dan Fugue pada huruf 'Bach' (B datar - A - C - H, B yang terakhir alami dalam bahasa Inggris notasi) awalnya ditulis untuk organ. Liszt menulis satu sonata, novel dalam bentuk.
Para Rhapsodies Hungaria, akhirnya muncul sebagai satu set 19 buah, didasarkan pada bentuk seni musik akrab di Hungaria dan didukung oleh musisi gipsi, meskipun karya-karya ini tidak, seperti Liszt berpikir, rekreasi Hungaria rakyat benar-musik. Para espagnole Rapsodie memanfaatkan tema terkenal folia La, yang digunakan oleh Corelli dan banyak komposer Baroque lainnya, dan aragonesa Jota. Transkripsi komposisi sendiri orkestra dan paduan suara termasuk versi kedua dari waltz tiga Mephisto, bekerja mendukung legenda yang pernah mantap Paganini tentang bantuan setan dalam kinerja. Dari transkripsi lainnya untuk piano, orang-orang dari simfoni Beethoven yang paling luar biasa. Ada sejumlah transkripsi opera dan fantasi. Ini termasuk Kenangan de Don Juan, berdasarkan Mozart Don Giovanni, dan selusin atau lebih berdasarkan pada karya temannya dan anak-dalam-hukum Wagner.
Musik paduan suara Suci
Meskipun terutama berhubungan dengan musik instrumental, karya orkestra simfoni piano dan puisi, Liszt juga menulis kuantitas musik paduan suara suci. Hal ini berkisar dari Oratorio patriotik, The Legend of St Elisabeth pada keseluruhan karya liturgis dan devosional di mana ia berupaya mereformasi musik gereja Katolik dari sentimentalitas yang berlaku periode.
Organ Musik
Meskipun keterampilan sebagai suatu organ tidak bisa menyamai kemampuan sebagai seorang pianis, Liszt tetap mengambil minat yang kuat dalam organ dan memberikan kontribusi terhadap repertoar instrumen dengan karya-karya yang membuat beberapa tuntutan pada keahlian teknis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar