Franz Liszt
Franz Liszt adalah putra seorang pramugara dalam pelayanan keluarga
Esterhazy, patron Haydn. Ia lahir pada tahun 1811 di Merampok di Hungaria dan
pindah sebagai anak ke Wina, di mana dia mengambil pelajaran piano dari Czerny
dan pelajaran komposisi dari Salieri. Dua tahun kemudian, pada tahun 1823, ia
pindah bersama keluarganya ke Paris, dari mana ia melakukan tur sebagai pianis.
Dipengaruhi oleh pemain biola Paganini fenomenal, ia mengalihkan perhatiannya
pada pengembangan teknik yang sama sebagai pianis dan pada tahun 1835
meninggalkan Paris dengan gundiknya, yang Comtesse d'Agoult, dengan siapa ia
melakukan perjalanan secara luas selama tahun-tahun berikut, reputasinya
sebagai seorang pianis kekuatan menakjubkan tumbuh. Pada 1844 ia terpisah dari
gundiknya, ibu dari tiga anak, dan pada 1848 menetap di Weimar sebagai Direktur
Musik Luar Biasa, disertai oleh Putri Sayn-Wittgenstein. Dia sekarang
mengalihkan perhatian pada komposisi dan khususnya penciptaan bentuk baru:
puisi simfoni. Pada 1861 Liszt pindah ke Roma, di mana ia menemukan ekspresi
untuk lama dipegang nya kecenderungan religius. Dari 1869 ia kembali teratur ke
Weimar, di mana ia banyak murid, dan kemudian ia menerima kewajiban yang serupa
di Budapest, di mana ia dianggap sebagai pahlawan nasional. Dia meninggal di
Bayreuth pada tahun 1886, empat tahun setelah kematian anak-mertuanya Wagner.
Sebagai pianis ia tidak sama, dan sebagai komposer ia menyarankan untuk
generasi muda musisi program baru bahwa musik adalah untuk mengambil.
Musik orkestra
Puisi simfoni Liszt bertemu kritik keras dari juara musik murni, yang mengambil
pengecualian terhadap usahanya untuk menerjemahkan ke dalam istilah musik karya
terbesar sastra. Yang paling terkenal dari puisi simfoni yang Ce qu'on entend
sur la Montagne, berdasarkan Victor Hugo, Les Préludes, berdasarkan Lamartine,
bekerja berdasarkan Byron Tasso dan Mazeppa, dan Prometheus, dengan apa yang
disebut Faust Symphony Tiga Karakter-Sketsa setelah Goethe dan Symphony pada
Divina Commedia Dante. Karya orkestra lainnya termasuk dua episode dari Faust
Lenau, para Mephisto Waltz kedua Pertama (yang kedua ditambahkan 20 tahun
kemudian, pada 1881). Liszt menulis dua konserto piano, dan, di antara
karya-karya lain untuk piano dan orkestra, sebuah Totentanz ('Dance of Death')
dan Fantasy di Melodi Folk-Hungaria. Enam dari Rhapsodies Hungaria Liszt,
ditulis untuk piano, secara efektif diatur untuk orkestra oleh Franz Doppler,
direvisi oleh Liszt.
Musik Piano
Liszt menulis banyak musik untuk piano, beberapa yang kemudian direvisi dan
akibatnya ada dalam sejumlah versi. Selain musik piano asli dia juga membuat
transkripsi banyak karya komposer lain dan menulis karya berdasarkan tema
nasional. Para pemain biola Paganini adalah inspirasi langsung untuk Études
d'eksekusi transcendante d'Après Paganini, didedikasikan untuk Clara Schumann,
istri dari komposer Robert Schumann, dan didasarkan pada lima dari 24 Paganini
untuk biola Caprices solo dan gerakan terakhir dari nya Violin Concerto No 2
('La Campanella'). Studi Transendental, direvisi pada 1851 sebagai d'Études
eksekusi transcendante, membentuk satu set 12 buah, termasuk 'Wilde Jagd'
('Wild Hunt),' du soir Harmonis '(' Evening Harmony '), dan' Chasse-Neige '('
Salju-bajak '). Tiga koleksi kemudian diberi judul Années de pèlerinage ('Tahun
Ziarah') mengembara dari Swiss pada buku pertama ke Italia dalam dua detik, mereka
membentuk serangkaian gambar puitis menggugah, terinspirasi oleh lanskap, puisi
dan karya seni. Volume sebelumnya berasal dari tahun-tahun mengembara dengan
Marie d'Agoult, dan terakhir dari periode akhir dari kehidupan Liszt, yang
berbasis di Roma. Para poétiques Harmonies et religieuses, yang ditulis antara
1845 dan 1852, mewakili, dalam 10 buah termasuk, sesuatu perasaan yang abadi
sang komposer agama. Perasaan ini juga terlihat dalam Légendes dari 1863,
pertama dari dua yang mewakili Fransiskus dari Assisi berkhotbah kepada
burung-burung dan St Fransiskus de Paulus kedua berjalan di atas air. Para
Weinen yang luar biasa, Klagen, Sorgen, Zagen, berdasarkan tema dari kantata
Bach, berduka atas kematian putrinya Blandine tua. Nya Fantasia dan Fugue pada huruf
'Bach' (B datar - A - C - H, B yang terakhir alami dalam bahasa Inggris notasi)
awalnya ditulis untuk organ. Liszt menulis satu sonata, novel dalam bentuk.
Para Rhapsodies Hungaria, akhirnya muncul sebagai satu set 19 buah, didasarkan
pada bentuk seni musik akrab di Hungaria dan didukung oleh musisi gipsi,
meskipun karya-karya ini tidak, seperti Liszt berpikir, rekreasi Hungaria
rakyat benar-musik. Para espagnole Rapsodie memanfaatkan tema terkenal folia
La, yang digunakan oleh Corelli dan banyak komposer Baroque lainnya, dan
aragonesa Jota. Transkripsi komposisi sendiri orkestra dan paduan suara
termasuk versi kedua dari waltz tiga Mephisto, bekerja mendukung legenda yang
pernah mantap Paganini tentang bantuan setan dalam kinerja. Dari transkripsi lainnya
untuk piano, orang-orang dari simfoni Beethoven yang paling luar biasa. Ada
sejumlah transkripsi opera dan fantasi. Ini termasuk Kenangan de Don Juan,
berdasarkan Mozart Don Giovanni, dan selusin atau lebih berdasarkan pada karya
temannya dan anak-dalam-hukum Wagner.
Musik paduan suara Suci
Meskipun terutama berhubungan dengan musik instrumental, karya orkestra simfoni
piano dan puisi, Liszt juga menulis kuantitas musik paduan suara suci. Hal ini
berkisar dari Oratorio patriotik, The Legend of St Elisabeth pada keseluruhan
karya liturgis dan devosional di mana ia berupaya mereformasi musik gereja
Katolik dari sentimentalitas yang berlaku periode.
Organ Musik
Meskipun keterampilan sebagai suatu organ tidak bisa menyamai kemampuan sebagai
seorang pianis, Liszt tetap mengambil minat yang kuat dalam organ dan
memberikan kontribusi terhadap repertoar instrumen dengan karya-karya yang
membuat beberapa tuntutan pada keahlian teknis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar